Berita: Lahan Mulai Terbatas, Total Investasi Kota Solo Semester 1 Mengalami Penurunan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surakarta membukukan adanya penurunan nilai investasi pada semester 1 2018.

“Di mana total nilai investasi di Kota Surakarta pada semester satu tahun 2018 mencapai Rp 1,2 triliun,” kata Toto Amanto, Kepala DPMPTSP Kota Surakarta, Rabu (18/7/2018), seperti dikutip dalam Tribun Solo.

Dan nilai tersebut turun dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 2,5 triliun. Sedangkan nilai investasi semester satu tahun lalu sekitar Rp 2,5 triliun. Sedangkan untuk jumlah perusahaan pada tahun ini sebanyak 607 perusahaan. Atau, lanjutnya, lebih banyak dibandingkan tahun lalu sebanyak 414 perusahaan. Toto berujar satu di antara penyebabnya adalah semakin minimnya lahan yang ada di daerah kota Bengawan tersebut. Sehingga semakin minim pula kesempatan bagi investor masuk.

Namun, lanjutnya yang masih memungkinkan adalah dikembangkannya menjadi industri perhotelan. Namun juga saat ini sektor ini sudah cukup banyak pemainnya di Solo, sehingga ketersediaan kamar hotel di Solo sudah cukup banyak. Ataupun industri manufaktur di mana di Solo belum ada. Dua sektor industri tersebut masih memungkinkan untuk dikembangkan di daerah Solo Utara.

“Solo Utara saat ini yang masih tersedia lahannya,” tutupnya